Kearifan lokal epigrafi islam masa majapahit pada nisan makam troloyo

Detail Cantuman

Text

Kearifan lokal epigrafi islam masa majapahit pada nisan makam troloyo

XML

Satu kearifan lokal yang saat ini mulai meredup di kalangan bangsa kita adalah kemampuan untuk menyeleksi, memfilter, dan menerima segala macam bentuk perbedaan. Di tengah gempuran arus globalisasi yang menghantam kita dari segala sisi kehidupan membuat kita tak berkutik dan cenderung menerima begitu saja budaya asing yang datang.

Kondisi ini seakan menyiratkan kealpaan bahwa kita sejatinya adalah bangsa yang besar bahkan sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia dikumandangkan. Sebutlah masa Kerajaan Majapahit yang mencatatkan sejarah bahwa masyarakat Islam Nusantara pada saat itu tidak serta merta menerima begitu saja budaya asing yang datang. Masyarakat Islam Nusantara terlebih dahulu mengubah kebudayaan asing yang masuk dan menyesuaikannya dengan karakteristik bangsa.

Melalui buku ini, pembaca diajak untuk menggali kembali nilai-nilai kearifan lokal bangsa pada zaman Kerajaan Majapahit melalui bukti-bukti arkeologis yang banyak ditemukan di nisan-nisan Kompleks Pemakaman Islam Troloyo. Nilai-nilai yang dimaksud adalah kekayaan pengetahuan tradisional masyarakat masa lampau dalam mengubah kebudayaan asing sesuai dengan karakteristik budaya lokal. Dengan demikian, kehadiran buku ini diharapkan dapat menambah kekayaan narasi warisan budaya Islam di Majapahit serta dapat mengangkat kembali nilai-nilai luhur pluralisme dan toleransi dalam jiwa setiap individu.

Copyeditor : Tantrina Dwi Aprianita dan Sonny Heru Kusuma
Layouter : Rahma Hilma Taslima
Cover designer : Dhevi E.I.R. Mahelingga
Registrasi : 978-602-496-204-3 (cetak) 978-602-496-203-6 (e-book)
Halaman : xviii + 121 hlm.
Dimensi : A5 (14,8 × 21 cm)


Detail Information

Item Type
E-Book
Penulis
Imam Mash'ud - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
1
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit LIPI Press : Jakarta.,
Edisi
1
Subyek
No Panggil
Copyright
2021 Imam Mashud
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya