Biodiversitas perakitan klon unggul dan pemanfaatan bioresources ubi kayu untuk mendukung ketahanan pangan

Detail Cantuman

Text

Biodiversitas perakitan klon unggul dan pemanfaatan bioresources ubi kayu untuk mendukung ketahanan pangan

XML

Siapa yang tak kenal dengan ubi kayu? Makanan dengan sumber karbohidrat paling tinggi di antara jenis makanan lain, seperti beras, jagung, dan gandum itu sangat populer di Indonesia. Tak heran, pemanfaatan dan budi daya ubi kayu sangat gencar dilakukan oleh masyarakat kita.

Namun, siapa sangka dibalik popularitasnya, ubi kayu masih memiliki persoalan dalam hal produktivitas dan pemanfaatan pascapanen, antara lain belum populernya varietas unggul ubi kayu di kalangan petani, ketersediaan dan kemudahan akses bi bit unggul oleh petani, permasalahan perubahan iklim seperti cekaman kekeringan, terbatasnya daya simpan umbi pascapanen, dan belum optimalnya pemanfaatan inovasi teknologi pascapanen oleh masyarakat.

Semua persoalan tersebut harus segera ditangani mengingat diversifikasi pangan (ubi kayu) pada akhirnya berbicara tentang kandungan gizi sumber pangan yang akan berdampak pada hasil olahan pangan. Apalagi saat ini kita terus bergerak menuju kemandirian dan aksesibilitas pangan.

Jadi, jika Anda ingin mengetahui apa saja riset-riset tentang ubi kayu yang telah dilakukan oleh LIPI bersama kementerian dan lembaga lain di Indonesia selama 10 tahun terakhir guna menangani persoalan tersebut, silakan Ian jut membuka halaman pertama buku ini. Semoga wawasan kita tentang upaya kedaulatan pangan semakin tercerahkan dengan hadirnya buku ini.

ISBN 978-602-496-026-1 (Cetak)
978-602-496-027-8 (E-book)


Detail Information

Item Type
E-Book
Penulis
Enny Sudarmonowati (ed) - Personal Name
N. Sri Hartati (ed) - Personal Name
Ahmad Fathoni (ed) - Personal Name
Hartati (ed) - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
1
Departement
Kontributor
Bahasa
Penerbit LIPI Press : Jakarta.,
Edisi
1
Subyek
No Panggil
Copyright
2020 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya