Fonetik dan fonologi bahasa hitu dialdek hitu

Detail Cantuman

Text

Fonetik dan fonologi bahasa hitu dialdek hitu

XML

Untuk melestarikan bahasa daerah yang terancam punah, perlu dilakukan pendokumentasian melalui penelitian. Salah satu bahasa yang diteliti ialah bahasa Hitu dialek Hitu. Bahasa Hitu merupakan salah satu bahasa yang dituturkan di Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Bahasa Hitu terdiri atas 15 dialek, salah satunya dialek Hitu. Buku ini mengulas fonetik dan fonologi bahasa Hitu dialek Hitu dengan mengidentifikasi bunyi-bunyi yang ada (disegmentasi), seperti perubahan bunyi, fonem vokal, diftong, dan konsonan; distribusi fonem vokal dan konsonan; serta struktur suku kata.
Buku ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para pemangku kepentingan di bidang kebahasaan dan/atau kesastraan, para pendidik, mahasiswa, siswa, akademisi, dan praktisi media massa serta lembaga terkait yang memerlukan data kebahasaan dan kesastraan.
Selain itu, status bahasa Hitu termasuk bahasa yang terancam punah, dan penelitian tentang bahasa tersebut belum banyak dilakukan, dengan hadirnya buku ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai sarana pembinaan bagi penutur bahasa Hitu dialek Hitu melalui komunitas atau bidang pendidikan agar penuturnya bertambah dan bahasa tersebut tetap lestari.

Ed.1 terbit tahun 2018

Indeks: 75-76
ISBN: 978-979-799-996-4 (cetak)
978-979-799-997-1 (e-book)
978-623-7425-37-3 (e-book-edisi revisi)


Detail Information

Item Type
E-Book
Penulis
Wati Kurniawati - Personal Name
Mardi Nurgroho - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Revisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Penerbit BRIN : Jakarta.,
Edisi
Revisi
Subyek
No Panggil
Copyright
2021 Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya