Pemanfaatan silika nano untuk konstruksi beton

Detail Cantuman

Text

Pemanfaatan silika nano untuk konstruksi beton

XML

Beton merupakan salah satu bahan konstruksi yang umum digunakan untuk jalan, jembatan, ataupun bangunan lainnya. Akan tetapi, beton yang umum digunakan memiliki beberapa kelemahan, seperti kuat tarik lemah, sifat getas, impermeable, tidak homogen, butuh waktu pengerasan, dan sifat rayapan (creep).

Dalam perkembangannya, penggunaan material beton untuk bahan konstruksi modern dituntut memiliki mutu dan kinerja yang tinggi, seperti mudah dalam pengerjaan pengecoran (workable), panas hidrasi rendah (low heat of hydration), susut relatif rendah pada saat pengeringan, tingkat waktu ikat awal (acceleration) atau penundaan (retardation) yang baik, dan mudah dipompakan ke tempat yang lebih tinggi. Selain itu, ketika beton sudah mengeras, tuntutannya adalah harus memiliki kekuatan tekan yang tinggi, kuat tarik yang baik, kuat tekan awal yang tinggi, perilaku yang daktail (liat), kedap udara dan air, tahan terhadap abrasi dan korosi sulfat, penetrasi klorida yang rendah, muai susut yang rendah, dan awet.

Berdasarkan persoalan tersebut, buku yang ditulis dari hasil penelitian ini menyajikan pembahasan mengenai pembuatan konstruksi beton dengan memanfaatkan silika nano sehingga dapat diaplikasikan untuk meningkatkan mutu dan kinerja beton. Selain itu, buku ini juga mengulas sejauh mana perkembangan dan peluang nanoteknologi untuk pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan.

Glosarium: hlm. 125-127
Daftar singkatan: 129-130
Indeks: hlm. 145-146
ISBN 978-979-799-3-934-6 (cetak)
978-979-799-935-3 (e-book)


Detail Information

Item Type
E-Book
Penulis
N. Retno Setiati - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
1
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit LIPI Press : Jakarta.,
Edisi
1
Subyek
No Panggil
Copyright
2017 Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya