Tatanan orde baru: distorsi ideologi Pancasila

Detail Cantuman

Text

Tatanan orde baru: distorsi ideologi Pancasila

XML

Pancasila berasal dari kristalisasi budaya tradisional Indonesia. Di era Orde Baru, Pancasila ditetapkan sebagai dasar berpikir dan bertindak setelah disederhanakan ke dalam bentuk norma untuk mewujudkan tatanan masyarakat selaras, serasi, dan seimbang. Melalui penyederhanaan rumusan Pancasila dan pendidikan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4), secara nasional Pancasila dinyatakan sebagai satu-satunya asas pada tahun 1985.
Namun, ideologi rentan terhadap penyimpangan, terutama dalam hal penerapannya. Pancasila pun tak luput dari hal tersebut. Buku ini akan mengupas tuntas distorsi ideologi Pancasila di era Orde Baru. Analisis terkait praktik-praktik ideologisasi Pancasila di masa kepemimpinan Soeharto akan dilakukan secara komprehensif, didukung dengan bukti dan fakta sejarah yang ada. Lebih jauh, dampak dari penyimpangan tersebut juga akan dipaparkan secara gamblang.
Semoga buku ini dapat membuka wawasan Anda dan menjadi pelajaran bagi kita semua mengenai pentingnya memahami Pancasila sesuai dengan tujuannya yang luhur.


Detail Information

Item Type
E-Book
Penulis
Endang Retnowati - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit LIPI Press : Jakarta.,
Edisi
Subyek
No Panggil
Copyright
2018 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya