Konsep ekonomi dalam Al-Quran

Detail Cantuman

Text

Konsep ekonomi dalam Al-Quran

XML

Manusia adalah mahluk hidup yang telah diberi keistimewaan oleh Allah subhanahu wata'ala berupa kemampuan akal, budi dan daya pikir guna mengolah dan mengelola alam raya ini untuk memenuhi pelbagai kebutuhan hidupnya. Karena itu manusia berjuang dan berusaha untuk mendapatkan aneka barang dan jasa. Upaya itulah yang disebut kegiatan ekonomi. Dalam kegiatan ini melahirkan pelbagai macam hubungan yang bersifat subyektif, sebab masing-masing berusaha memenuhi kebutuhannya dengan pelbagai konsekuensinya .
Untuk meminimalisir terjadinya pelbagai benturan kepentingan dalam kegiatan ekonomi yang berdampak terjadinya kekacauan, perlu ada tata aturan hukum dalam masyarakat diharapkan dapat membawa ketenangan dan ketentraman masyarakat .
Al-Quran dengan keseluruhan ajarannya datang sebagai sumber dan pedoman tingkah laku manusia. Oleh karena tindakan dan tingkah laku ekonomi adalah bagian dari aktivitas manusia maka seluruh kegiatan ekonomi haruslah berada dalam sebuah sistem Qur’ani . Dari situlah makalah ini penting untuk dipelajari dan didiskusikan bersama.
Tulisan ini menggunakan metode yang dikenal dengan tafsir mawdhû’î yang secara operasional meliputi langkah-langkah sebagai berikut: (1) Menghimpun ayat-ayat Al-Qur’an yang relevan dengan tema: (2) Memberi uraian dan penjelasan dengan menggunakan teknik interpretasi; (3) Membahas konsep-konsep ekonomi; (4) Merumuskan konsep ekonomi yang ditemukan dalam sebuah kesimpulan .


Detail Information

Item Type
E-Book
Penulis
Maharati Marfuah - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Rumah Fiqih Publishing : Jakarta.,
Edisi
Subyek
No Panggil
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya