Praktik mandi janabah Rasulullah menurut 4 mazhab

Detail Cantuman

Text

Praktik mandi janabah Rasulullah menurut 4 mazhab

XML

Al-Qur'an menjelaskan tata cara mandi janabah secara global. Dalam hal ini, beberapa hadits Rasulullah saw diriwayatkan secara detail tentang tata cara mandi beliau, sebagaimana diriwayatkan oleh istri-istri beliau seperti Ummul Mu'minin Aisyah dan Ummul Mu'minin Maymunah.

Tambahan praktik Rasulullah saw yang cukup detail inilah yang menjadi salah satu sebab timbulnya polemik di antara para ulama dalam menghukumi tambahan tersebut. Apakah dihukumi sebagai pratik wajib dan rukun, yang jika tidak dilakukan maka mandi janabah tidaklah sah. Atau dihukumi semata anjuran yang sunnah. Di mana "polemik" tersebut kemudian terakumulasi dalam sebuah konsep yang disebut "mazhab."

Hal lain yang cukup penting untuk dipahami adalah bahwa "mazhab" pada hakikatnya bukanlah hal baru dan "bid'ah" dalam ajaran Islam. Sebab apa yang disimpulkan oleh para ulama dalam "menghukumi" sumber hukum Islam seperti al-Qur'an dan Sunnah yang terkonsepkan dalam "mazhab" tersebut, merupakan instrumen yang baku dan ilmiyyah dalam mempraktikkan beragam ajaran Islam yang muaranya pada sosok Rasulullah saw. Hal inilah yang membuat tema fiqih mandi janabah dalam buku ini diberi judul, Praktik Mandi Janabah Rasulullah saw Menurut 4 mazhab.


Detail Information

Item Type
E-Book
Penulis
Isnan Ansory - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Rumah Fiqih Publishing : Jakarta.,
Edisi
Subyek
No Panggil
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya