Pendidikan karakter di sekolah dasar

Detail Cantuman

Text

Pendidikan karakter di sekolah dasar

XML

Membangun karakter bangsa membutuhkan waktu yang lama dan harus dilakukan secara berkesinambungan. Karakter yang melekat padabangsa kita akhir-akhir inibukan begitu saja terjadi secara tiba-tiba, tetapi sudah melalui proses yang panjang. Potret kekerasan, kebrutalan, dan ketidakjujurananak-anak bangsa yang ditampilkan oleh media baik cetak maupun elektronik sekarang ini sudah melewati proses panjang. Budaya seperti itu tidak hanya melanda rakyat umum yang kurang pendidikan, tetapi sudah sampai pada masyarakat yang terdidik, sepertipelajar dan mahasiswa, bahkanjuga melanda para elite bangsa ini.

Pendidikan yang merupakan agent of change harus mampu melakukan perbaikan karakter bangsa kita. Karena itu, pendidikan kita perlu direkonstruksi ulang agar dapat menghasilkan lulusan yang lebih berkualitas dan siap menghadapi “dunia” masa depan yang penuh dengan problema dan tantangan serta dapat menghasilkan lulusan yang memiliki karakter mulia. Dengan kata lain, pendidikan harus mampu mengemban misi pembentukan karakter (character building) sehingga para peserta didik dan para lulusannya dapat berpartisipasi dalam mengisi pembangunandi masa-masa mendatang tanpa meninggalkan nilai-nilai karakter mulia. Salah satu upaya untuk mewujudkan pendidikan seperti di atas, para peserta didik (siswa dan mahasiswa) harus dibekali dengan pendidikan khusus yang membawa misi pokok dalam pembinaan karakter mulia. Pendidikan seperti ini dapat memberi arah kepada para peserta didik setelahmenerima berbagai ilmu maupun pengetahuan dalam bidang studi (jurusan) masing-masing, sehingga mereka dapat mengamalkannya di tengah-tengah masyarakat dengan tetap berpatokan pada nilai-nilai kebenaran dan kebaikan yang universal.

Buku yang merupakan tugas akhir perkuliahan dari mahasiswa ini mencoba memaparkan bagaimana pendidikan karakter dilaksanakan di sekolah dasar. Dibahas dari hal yang mendasar hingga poin-poin penting dalam melaksanakan pendidikan karakter tersebut.


Detail Information

Item Type
E-Book
Penulis
Juriah Ramadhani - Personal Name
Sugiatno - Personal Name
Abdul Sahib - Personal Name
Deri Wanto - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit LP2 IAIN Curup : Curup.,
Edisi
Subyek
No Panggil
Copyright
2020 Juriah Ramadhani, Sugiatno, Abdul Sahib, Deri Wanto
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya