Pranata mangsa dalam tinjauan sains

Detail Cantuman

Text

Pranata mangsa dalam tinjauan sains

XML

Masyarakat Jawa memiliki sistem kalender khusus sebagai pedoman masa bercocok tanam dan menangkap ikan yang dikenal dengan pranata mangsa. Pengetahuan lokal ini penuh dengan kearifan dalam membaca tanda-tanda alam, seperti letak matahari, arah angin, cuaca, serta perilaku hewan dan tumbuhan. Lalu bagaimana pranata mangsa ini ditinjau dari aspek sains?

Buku ini mengupas hal-hal yang berkaitan dengan pranata mangsa dengan tinjauan ilmiah. Di dalamnya dibahas tentang mitologi dan astronomi Jawa, tinjauan ilmiah pranata mangsa, dan penerapan pranata mangsa dalam pertanian di Jawa. Selain itu, dibahas pula sikap ilmiah yang terkandung dalam nilai-nilai luhur masyarakat Jawa.

Pembaca akan mendapatkan gambaran bahwa pengetahuan tradisional yang telah digunakan sejak lebih dari satu abad yang lalu ini dapat bersifat ilmiah. Kearifan lokal masyarakat Jawa juga dapat dipelajari dari buku ini. Terlebih lagi, informasi dalam buku ini dapat dijadikan bahan referensi untuk mengintegrasikan pengetahuan pranata mangsa dalam pembelajaran sains di sekolah sebagai upaya pelestarian kebudayaan dan pengetahuan tradisional.

ISBN 978-602-5972-05-8 (cetak)
978-623-8052-75-2 (e-book)

Glosarium: hlm. 141-143
Indeks: hlm. 145-148


Detail Information

Item Type
E-Book
Penulis
Rif'ati Dina Handayani - Personal Name
Zuhdan Kun Prasetyo - Personal Name
Insih Wilujeng - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Revisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Penerbit BRIN : Jakarta.,
Edisi
Revisi
Subyek
No Panggil
Copyright
2023 Rif’ati Dina Handayani, Zuhdan Kun Prasetyo, Insih Wilujeng
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya