Resolusi konflik dalam perbandingan: narasi Afrika dan Indonesia

Detail Cantuman

Text

Resolusi konflik dalam perbandingan: narasi Afrika dan Indonesia

XML

Sepanjang sejarah peradaban manusia, konflik etnis telah banyak terjadi di berbagai negara di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Dengan lebih dari 1.300 suku menghuni seluruh wilayah negara kita, potensi terjadinya konflik sangatlah besar. Tak hanya korban jiwa, konflik etnis yang terjadi juga meninggalkan banyak pertanyaan: apa pemicunya, mengapa bisa terjadi eskalasi, dan bagaimana metode yang paling efektif untuk menanganinya?

Buku berjudul “Resolusi Konflik dalam Perbandingan: Narasi Afrika dan Indonesia” mencoba mengangkat kisah konflik yang terjadi di antara Etnis Hutu dan Etnis Tutsi di Burundi, Afrika. Buku ini secara komprehensif menjelaskan awal terjadinya konflik di antara kedua etnis tersebut kemudian penyebab eskalasi konflik yang merembet hingga menjadi konflik regional, serta usaha-usaha berbagai pihak (termasuk African Union dan PBB) dalam mencoba menengahi konflik itu.

Pelajaran yang dapat dipetik dari konflik di Burundi ini diharapkan dapat diterapkan pada usaha penanganan konflik etnis di Indonesia.

Ed.1 terbit tahun 2021

Indeks: hlm. 109-111


Detail Information

Item Type
E-Book
Penulis
Dwi Ardiyanti - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Revisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Penerbit BRIN : Jakarta.,
Edisi
Revisi
Subyek
No Panggil
Copyright
2023 National Research and Innovation Agency
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya