Sumber daya lokal untuk kesejahteraan masyarakat

Detail Cantuman

Text

Sumber daya lokal untuk kesejahteraan masyarakat

XML

Menyantap jagung bose, yang dimasak berjam-jam hingga lunak, dengan lauk se’i sapi, tumis teri, dan sambal luat di bawah Pohon Asam Jokowi terdengar sungguh nikmat. Namun, di balik segala potensi keindahan alam dan kuliner Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Kabupaten Belu, terdapat permasalahan sosial ekonomi yang mengakar secara struktural dan kultural sehingga menyulitkan langkah masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Buku ini membahas upaya mempertahankan eksistensi kuliner lokal dari gerusan modernisasi melalui pemanfaatan teknologi tepat guna sesuai kebutuhan masyarakat. Selain itu, pendampingan dalam pengolahan limbah menjadi pestisida pada tanaman pertanian juga dilakukan. Hal ini tidak lain bertujuan meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengelola sumber daya pangan lokal agar mendapatkan hasil maksimal dan berkontribusi besar terhadap kesejahteraan masyarakat. Penulis juga menawarkan solusi atas permasalahan yang muncul serta rekomendasi yang mendukung penerapan teknologi tepat guna kepada pemerintah.

Pemerintah Belu, penyuluh pertanian, pakar pemberdayaan masyarakat, dan wirausahawan UMKM adalah kelompok yang dapat mengambil manfaat dari buku ini. Lebih lanjut, buku ini diharapkan dapat memberikan pertimbangan bagi pemerintah pusat dalam merumuskan kebijakan pembangunan daerah.

Glosarium: hlm. 159-160
Indeks: hlm. 161-163


Detail Information

Item Type
E-Book
Penulis
Rachmini Saparita - Personal Name
Lista Eka Yulianti - Personal Name
Ashri Indriati - Personal Name
Sriharti - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
1
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Penerbit BRIN : Jakarta.,
Edisi
1
Subyek
No Panggil
Copyright
2023 National Research and Innovation Agency
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya