Perempuan kepala daerah dalam jejaring oligarki lokal

Detail Cantuman

Text

Perempuan kepala daerah dalam jejaring oligarki lokal

XML

Bunga rampai ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa sebagian besar perempuan kepala daerah yang terpilih dalam pilkada langsung merupakan istri atau anak dari politikus laki-laki yang lebih dulu menjabat atau memiliki pengaruh kuat di daerahnya (yang kemudian disebut dengan family ties/kekerabatan). Dikhawatirkan, kinerja perempuan kepala daerah yang muncul dengan faktor kekerabatan yang kuat tersebut, tidak mampu mendorong kualitas demokratisasi lokal, termasuk memperjuangkan kepentingan praktis gender.
Dengan menggunakan pendekatan perspektif gender dan politik, bunga rampai ini menganalisis kemunculan dua perempuan kepala daerah dengan kekerabatan yang kuat, yaitu Airin Rachmi Diany sebagai Wali Kata Tangerang Selatan dan Anna Sophanah sebagai Supati lndramayu. Analisis yang dilakukan berupa persamaan dan perbedaan dalam hal konfigurasi politik lokal, historis, sosiologis, kondisi struktur sosial-ekonomi masyarakat, dan kondisi civil society organization. Tidak hanya itu, posisi dan kinerja perempuan kepala daerah dalam mendorong demokratisasi lokal dan kepentingan praktis gender juga dibahas di dalam bunga rampai ini.
Bunga rampai ini juga memberikan sejumlah saran perbaikan bagi upaya peningkatan kepemimpinan politik perempuan di tingkat lokal yang tidak melulu bertumpu pada faktor kekerabatan, tetapi juga mendorong agar pilkada langsung tidak semata ajang politik elektoral, dan mendorong agar pilkada langsung tidak cenderung menguntungkan perempuan kelas menengah. Buku ini mendorong agar pilkada langsung menjadi sarana untuk mewujudkan narasi substantif perempuan dan bukan sekadar narasi simbolis perempuan.


Detail Information

Item Type
E-Book
Penulis
Kurniawati Hastuti Dewi - Personal Name
Esty Ekawati - Personal Name
Atika Nur Kusumaningtyas - Personal Name
Fathimah Fildzah Izzati - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit LIPI Press : Jakarta.,
Edisi
Subyek
No Panggil
Copyright
2018 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya